Pedoman Rencana Pembelajaran MI

PEDOMAN PERENCANAAN PEMBELAJARAN MI

 

BAGIAN A:  Gambaran Rencana

 

MATA PELAJARAN : ____________________________    

 

Nama : ______________________­        Kelas __________

 

Waktu (perkiraan jam/menit):  __________________________

 

TOPIK: ___________________________________________________________________________    

              

RINGKASAN MATERI: ______________________________________________________________________

______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

_________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

1. TUJUAN UMUM _________________________________________________________________________

______________________________________________________________________________________________________________________________________________________________________

 

 

2. TUJUAN KHUSUS

_________________________________________________________________________________

_________________________________________________________________________________

_________________________________________________________________________________

_________________________________________________________________________________

_________________________________________________________________________________

 

 

3. OUTPUT

________________________________________________________________________________

________________________________________________________________________________

_______________________________________________________________________________________

 

 

4. KAITAN DENGAN MATA PELAJARAN LAIN ___________________________________________________________________________

 

 

  

5. MODEL: (Ceklist yang sesuai)

     

      Pembelajaran Berpusat pada Siswa                       Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi (HOTS)

     

      S-T-M                                                                 Pembelajaran Aktif 

     

Cooperative Learning                                                   PBL 

      Problem solving

 

 

 

6.  METODE (Ceklist yang sesuai)

        Bermain peran

Demonstrasi

Drama

Studi Kasus

        Kerja kelompok

Ceramah

Diskusi/debat

Lainnya:

 

 

 

 

7. GAYA BELAJAR (Ceklist yang sesuai)

 

Visual

 

Auditory

 

Kinestetik

 

 

8. KECERDASAN MAJEMUK (Ceklist yang sesuai)

 

verbal-linguistic

 

 logical-mathematical

 

 

bodily kinaesthetic

 

 

intrapersonal

 

 

Musical-rhythmic

 

visual

 

 

interpersonal

 

 

naturalist

 

 

9. STRATEGI ASESMEN (Ceklist yang sesuai)

Quiz

 Portfolio

 tugas

 Tes

Jurnal

proyek

          Menulis reflektif

Lainnya:

 

 

 

 

10. REFERENSI GURU

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

11. SUMBER, BAHAN, ALAT

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 


 BAGIAN B: URUTAN AKTIFITAS.  Gunakan Siklus Belajar untuk menjelaskan:

 

 

  1. APERSEPSI (tahap memotivasi siswa)                                                                                (     mnt)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. EKSPLORASI  konsep/keterampilan

 (pengalaman/manipulasi/fasilitasi)                                                                                              (      mnt)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. MENJELASKAN (siswa bertukar gagasan, diskusi, melakukan pengamatan, mengajukan gagasan dan pertanyaan)

                                                                                                                                          (       mnt)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. ELABORASI (memperluas, menyambungkan, merasionalisasikan, menerapkan)                                           

                                                                                                                                                  (   mnt)

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

  1. EVALUASI (menilai, mengukur, mereview kemajuan).                                                     (   mnt)

 

  1. Penilaian Tugas:

 

 

 

 

  1. Kriteria Penilaian:

 

 

 

 

  1. Teknik Penilaian (Analisis produk, Konferensi, Pengamatan)

 

 

 

 

  1. Data yang harus disimpan:

 

 

 

 

  1. Penilai:

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Bagian C : Rubrik untuk menilai siswa

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

BAGIAN D:  EVALUASI TOPIK ANDA

Apa yang anda ingin evaluasi tentang pelajaran anda setelah mengajarkannya (jelaskan 2 hal).

 1.

 

 

 

2.

 

 

 


 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

                                   

 

 

2 thoughts on “Pedoman Rencana Pembelajaran MI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s