Pembelajaran Berbasis Proyek, Alternatif Ujian Praktik…

A. JUDUL KEGIATAN

BIOLOGY PROJECTS DALAM RANGKA MENINGKATKAN KETERAMPILAN BERNALAR DAN SIKAP ILMIAH DALAM MEMAHAMI FENOMENA ALAM

B. LATAR BELAKANG

Kurikulum saat ini dikembangkan atas dasar kesadaran bahwa ilmu pengetahuan, teknologi dan seni berkembang secara dinamis. Oleh karena itu, guru dituntut untuk memberikan pengalaman belajar peserta didik yang mengikuti dan memanfaatkan perkembangan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni. Pengembangan kurikulum yang mempertimbangkan aspek-aspek pengembangan keterampilan diantaranya keterampilan pribadi, keterampilan berpikir, sosial, akademik dan keterampilan vokasional merupakan keniscayaan (KTSP, 2006).

Dalam era globalisasi saat ini, siswa menghadapi sejumlah tantangan dalam cara mereka memperoleh informasi. Belajar dengan hanya menggunakan metode yang berpusat pada guru sudah tidak cocok lagi diterapkan pada era teknologi dan serbuan informasi yang tidak berbatas saat ini. Siswa tidak betah jika hanya duduk berjam-jam mendengarkan ceramah guru. Masing-masing siswa belajar dengan cara yang berbeda dan perbedaan individu dalam belajar telah dibuktikan melalui berbagai penelitian.  Oleh karena itu pembelajaran sebaiknya dirancang sedemikian rupa sehingga dapat menampung gaya belajar yang berbeda-beda (Raven, Cano, Garton & Shelhamer, 1993). Kombinasi pendekatan pengajaran yang bermacam-macam perlu untuk mengubah pembelajaran siswa dari belajar di permukaan ke belajar mendalam, pembelajaran pasif ke pembelajaran aktif, pembelajaran terlalu bergantung pada guru ke belajar mandiri, dan membangun keterampilan generik saintis pada siswa serta keterampilan untuk belajar seumur hidup termasuk pemecahan masalah, keterampilan komunikasi dan bekerja sama (Ping, 2003).

Para siswa seringkali kesulitan dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan yang menuntut penalaran karena mereka hanya terbiasa menjawab pertanyaan-pertanyaan yang bersifat hafalan semata. Menurut Suryadi dan Budimansyah (2004), salah satu faktor yang menyebabkan rendahnya mutu pendidikan di Indonesia yaitu proses pembelajaran terlalu berorientasi terhadap penguasaan teori dan hafalan pada semua mata pelajaran sehingga menyebabkan kemampuan belajar dan penalaran peserta didik sebagai inti dari keberhasilan pendidikan kurang berkembang.

Salah satu karakteristik terpenting dari sains modern yaitu menggunakan pendekatan kuantitatif dalam memecahkan masalah. Menurut Lawson (1995) beberapa prinsip yang dapat digunakan untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif diantaranya: (1) menyediakan inkuiri baru yang membangkitkan pertanyaan sebab akibat namun mereka belum memiliki jawabannya (tetapi memiliki beberapa pengalaman sebelumnya yang dianalogikan sehingga dapat dijadikan sebagai sumber hipotesis); (2) menantang siswa untuk mengajukan beberapa penjelasan yang mungkin (hipotesis/teori) untuk menjawab pertanyaan. Tantang siswa untuk merancang dan melaksanakan pengujian atas hipotesis yang diajukan.

Bertolak dari latar belakang permasalahan di atas, maka mata pelajaran biologi berupaya memberikan respon positif secara konkrit dan obyektif dengan melakukan ujian praktik biologi melalui eksperimen kelompok.

C. TUJUAN

Berdasarkan latar belakang masalah di atas maka tujuan kegiatan ini secara umum adalah mengembangkan pelaksanaan ujian praktik mata pelajaran biologi melalui kegiatan eksperimen secara berkelompok untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa.

D. MANFAAT

Hasil kegiatan ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:

  1. Bagi Sekolah: Hasil karya ilmiah siswa dapat menjadi bahan referensi untuk bahan pengajaran serta memperkaya perpustakaan sekolah.
  2. Bagi Guru: Memberikan suatu alternatif cara ujian praktik yang baru. Cara ini dapat dilakukan melalui kolaborasi dengan mata pelajaran lain serta diharapkan dapat memberikan informasi dan wawasan dalam mengembangkan pembelajaran berbasis masalah untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis dan kreatif.
  3. Bagi Siswa: Diharapkan dapat memberikan wawasan dan pengayaan pengetahuan yang lebih luas dan mendalam serta meningkatkan keterampilan penalaran dan bekerjasama.

E. TEMPAT DAN WAKTU PELAKSANAAN KEGIATAN

Tempat kegiatan dan pelaporan Biology Project dilaksanakan di SMA Plus Muthahhari, Jalan Kampus II no. 13-17 Babakan Sari, Bandung. Adapun kelompok siswa yang memilih kegiatan eksperimen di luar sekolah diwajibkan memberikan dokumentasi eksperimennya sejak persiapan hingga pengambilan data.

Kegiatan Biology Project dilakukan dari bulan Februari hingga Maret 2009.

F. PROSEDUR KEGIATAN

Prosedur penelitian adalah sebagai berikut:

  1. Di kelas, siswa dibagi ke dalam 5 kelompok, yang terdiri atas 3-4 orang siswa.
  2. Masing-masing kelompok diberikan beberapa pilihan tema yang berkaitan dengan permasalahan biologi.
  3. Setelah setiap kelompok memiliki tema yang dimaksud, siswa dalam kelompok melakukan :

a. Identifikasi masalah: Rumusan masalah apa yang akan menjadi bahan penelitian kelompok?

b. Pengumpulan data: Dari hasil identifikasi masalah dilakukan pengumpulan data berkaitan dengan judul masalah. Data dapat diperoleh dari internet, majalah, informan, dll.

c. Penyusunan hipotesis: Siswa dalam kelompok membuat hipotesis yang akan diuji melalui eksperimen.

d. Analisis dan Interpretasi data: Siswa dalam kelompok yang melakukan pendekatan kualitatif, data dapat diuraikan, dibandingkan, dikategorikan, disintesis dan diurutkan secara sistematis. Hasilnya lalu diberi makna.

G. SILABUS

KD/Kelas Keterampilan Proses(Siswa mampu:) Indikator Konten(Siswa mengetahui:) Sumber/Pengalaman pembelajaran yang direncanakan Penilaian
2.2. Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat/XII 1.a.1.b. – Proses respirasi anaerob Fermentasi (LKS 2.2/XII 1) Lembar Kerja,Rubrik Presentasi,

Laporan tertulis, Pertanyaan

2.2. Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat/XII 1.a.1.b.

2.j.

– Hasil samping respirasi sel adalah karbondioksida- Proses pembentukan karbondioksida pada perkecambahan biji

– Indikator adanya karbon dioksida

Produksi karbon dioksida melalui perkecambahan biji (LKS 2.2./XII 2) Lembar Kerja,Rubrik Presentasi,

Laporan tertulis, Pertanyaan

3.4. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kelainan/penyakit yang dapat terjadi pada sistem pernafasan pada manusia dan hewan (misalnya burung)/ XI 1.a.1.b.

3.l.

– Proses inspirasi dan ekspirasi- Bahaya merokok bagi sistem respirasi Mengukur kapasitas paru-paru (LKS 3.4./XI) Lembar Kerja,Rubrik Presentasi,

Laporan tertulis, Pertanyaan

3.3. Menjelaskan keterkaitan antara struktur, fungsi, dan proses serta kaelainan /penyakit yang dapat terjadi pada sistem pencernaan makanan pada manusia dan hewan (misalnya ruminansia / XI 1.a.1.b.

3.p.

– Kandungan zat gizi bahan makanan- Asupan nilai  gizi makanan siswa dalam seminggu Mengetahui Nilai Gizi Makanan Siswa SMA (LKS 3.3./ XI) Lembar Kerja,Rubrik Presentasi,

Laporan tertulis, Pertanyaan

2.1. Mendeskripsikan fungsi enzim dalam proses metabolisme / XII 1.a.1.b.

2.g.

– Sifat/Fungsi enzim- Faktor-faktor yang mempengaruhi kerja enzim Enzim (LKS 2.1./ XII) Lembar Kerja,Rubrik Presentasi,

Laporan tertulis, Pertanyaan

1.3. Membandingkan mekanisme transpor pada membran (difusi, osmosis, transpor aktif, endositosis, dan eksositosis)/ XI 1.a.1.b.

2.j.

– Proses osmosis- Transpor antar membran

– Peran membran sel

Osmosis dan Difusi (LKS 1.3/XI) Lembar Kerja,Rubrik Presentasi,

Laporan tertulis, Pertanyaan

3.1Menjelaskan

konsep gen,

DNA, dan

Kromosom/XII

– Struktur DNA- Sifat dan fungsi DNA Mengekstrak DNA (LKS 3.1/XII) Lembar Kerja,Rubrik Presentasi,

Laporan tertulis, Pertanyaan

2.2. Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat/XII – Proses fotosintesis- Faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis Fotosintesis dan Respirasi (LKS 2.2/XII 3) Lembar Kerja,Rubrik Presentasi,

Laporan tertulis, Pertanyaan

2.2. Mendeskripsikan proses katabolisme dan anabolisme karbohidrat/XII – Metabolisme Apakah Ragi Hidup? Lembar Kerja,Rubrik Presentasi,

Laporan tertulis, Pertanyaan

H. KRITERIA PENILAIAN

1. Praktikum                : 30%

2. Makalah                  : 10%

3. Presentasi                : 30%

4. Penguasaan Materi : 30%

1. Praktikum

No. Keterampilan Belajar Indikator
1. Merencanakan percobaan a. Mampu mengidentifikasi variable percobaanb. Mampu menurunkan hipotesis

c. Mampu merencanakan cara mengambil data

2. Melakukan percobaan a. Mampu menangani bahan percobaanb. Mampu membuat perlakuan

c. Mampu melakukan pengamatan

3. Analisis hasil percobaan a. Mampu membandingkanb. Mampu menginterpretasi
4. Mengkomunikasikan hasil percobaan a. Mempresentasikan hasil percobaanb. Membahas hasil

c. Melakukan tanya jawab

 

2. Makalah

No. Kriteria Skor Keterangan
Baik Cukup Kurang
1. Penulisan Ejaan
2. Sistematika Penulisan
3. Kelengkapan Isi
4. Korelasi antara hipotesis – kesimpulan
5. Ketersediaan Gambar

Dokumentasi:

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s