Pelatihan Multiple Intelligences Yang Mengesankan…

Tanggal 15 Juni 2010 lalu, aku dan kedua rekanku berangkat ke Surabaya. Kami berangkat menggunakan kereta api. Dalam rangka apa? Dalam rangka mengisi pelatihan Multiple Intelligences (MI) yang diselenggarakan oleh M-Central.

Pelatihan itu berlangsung secara bergelombang dan berakhir hingga akhir bulan ini. Kami bertiga mendapat kesempatan mengisi pelatihan tentang MI untuk guru-guru SMA. O ya, pelatihan kali ini  ditujukan bagi para guru di SDK St. Aloysius, SMK Katolik St. Louis, SMAK St. Louis 1 dan 2 Surabaya. Tim kami kebagian gelombang 2 untuk guru-guru SMAK St. Louis 1 tanggal 16-17 Juni  2010.

Banyak sekali pengalaman yang kami peroleh selama pelatihan. Para peserta cukup kooperatif dan antusias dalam mengikuti setiap sesi pelatihan. Hari pertama diisi dengan review, penerapan MI di kelas dan penilaian, serta micro teaching untuk mata pelajaran Geografi.

Hari kedua diisi dengan pemutaran profil mengenai sekolah tempat kami mengajar dan diakhiri dengan diskusi serta tanya jawab.

Di akhir acara, salah seorang peserta (seorang guru musik) mengambil gitarnya dan menyanyikan lagu Kemesraan. Akhirnya seluruh yang hadir di ruangan itu menyanyikan lagu tersebut dengan hati penuh kedamaian…

Kemesraan ini

janganlah cepat berlalu…

kemesraan ini

ingin kukenang selalu

hatiku damai

jiwaku tentram di sampingmu…


Sekilas tentang M-Central:

Mengapa MCentral?

MCentral adalah divisi subsider Yayasan Muthahhari Bandung. MCentral menawarkan beberapa paket training dan workshop dalam dunia teaching and learning. MCentral berangkat dari pengalaman sehari-hari di SMA Plus Muthahhari yang berusaha menerapkan berbagai cara untuk menjawab tantangan dunia pendidikan saat ini.

MCentral hadir untuk memfasilitasi kebutuhan rekan-rekan guru, kawan sejawat, dan untuk kemajuan kualitas pembelajaran di negeri ini.

Apa dan Siapa MCentral?

MCentral didirikan oleh Dr. Jalaluddin Rakhmat, M.Sc. MCentral mengkhususkan diri di bidang pembelajaran dan pengembangan kualitas murid dan guru. Fasilitator dan tenaga instruktur adalah para guru SMA Plus Muthahhari yang telah berpengalaman. Mereka bukan saja dibekali pengalaman menerapkan berbagai inovasi pendidikan di SMA Plus Muthahhari, tetapi sebagian besar juga telah diangkat menjadi fasilitator Kemdiknas untuk tingkat nasional.

Sebut saja misalnya, Iqbal F. Rakhmat, SE. koordinator labkom SMA Plus Muthahhari yang menjadi konsultan untuk cetakbiru pembelajaran TIK di SMA se-Indonesia, juga menjadi konsultan USAID. Ada juga Drs. Dede Anwar, fasilitator KBK tingkat nasional bersama dengan Drs. Cucu Sutisna, atau Ir. Hernowo, praktisi penggiat tulis dan baca, yang juga adalah guru Bahasa dan Sastra Indonesia di SMA Plus Muthahhari.

Selain mereka ada juga Esti DP Oetami, Ir. Dra. Dewi Listia, M.Si (untuk kurikulum), Rahmat Herawan, S.Sn. (untuk games, brain gym dan pengembangan kreativitas murid) atau Rini Rahmawati dan sebagainya. Untuk pengembangan karakter, ilmu-ilmu agama dan program-program spiritual ada Miftah F. Rakhmat, Ade Saifullah dan Ali Alaydrus.

Pengalaman MCentral?

Di antara Sekolah, Pemerintah Kota dan Madrasah yang pernah menyelenggarakan training MCentral: Yayasan PKP Jakarta, Yayasan AzZahra Jakarta, Madrasah Al-Irsyad Bekasi, SMAN 3 Semarang, Yayasan Amalia Insani Makassar, Training Kepala Sekolah se-Nusa Tenggara Timur, Dinas Pendidikan Kabupaten Majene, Sulawesi Barat dan training-training yang bersifat in house dan melibatkan sejumlah sekolah di Bandung.

(Dikutip dari: MCentral Training Kit, Training MI dan School Management, Surabaya 9-29 Juni 2010)

3 thoughts on “Pelatihan Multiple Intelligences Yang Mengesankan…

  1. Ardi Priyatno Utomo says:

    Maaf bu/mbak, saya ingin bertanya untuk sekolah Katolik yang telah menggunakan metode pembelajaran Multiple Intelligence di Surabaya siapa saja ya?
    Untuk perhatiannya saya ucapkan terima kasih.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s