Multimedia Ilustrasi Statis atau Animasi?

Abstrak

 

Materi reproduksi sel secara konseptual sulit dipahami oleh siswa. Salah satu media yang dapat membantu menjelaskan konsep reproduksi sel melalui penggabungan suara, gambar dan teks secara bersamaan yaitu multimedia. Multimedia yang digunakan dalam studi ini yaitu multimedia dengan gambar diam dan multimedia dinamis atau animasi. Penelitian kuantitatif ini bertujuan untuk mengujicobakan program pembelajaran berbasis multimedia ilustrasi statis dan multimedia animasi serta menganalisis pengaruhnya terhadap penguasaan konsep serta keterampilan generic sains. Metode penelitian ini berupa eksperimen kuasi dan melibatkan 48 orang siswa SMA kelas XII IPA. Data dijaring dari penguasaan konsep dan keterampilan generik pada konsep reproduksi sel. Instrumen tes terdiri atas soal objektif dan uraian, sedangkan angket siswa, observasi serta wawancara dilakukan untuk menjaring tanggapan siswa mengenai pembelajaran menggunakan multimedia. Hasil analisis data menunjukkan bahwa tidak terdapat perbedaan yang signifikan antara kedua kelas statis dan kelas animasi pada penguasaan konsep, namun berbeda nyata pada keterampilan generik. Analisis kuesioner disimpulkan bahwa program yang digunakan disenangi oleh siswa. Hasil analisis terhadap pengamatan langsung untuk kelas statis dan animasi yang belajar secara individu, siswa belajar mandiri dan aktif. Wawancara terhadap siswa diperoleh informasi bahwa siswa yang tipe belajarnya visual lebih menyukai belajar melalui multimedia dibandingkan siswa dengan tipe belajar auditori.

 

@rikawidyasukmana.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s