Manfaat Meneliti Untuk Siswa SMA

Seorang siswa berjalan-jalan di kebun milik seorang petani tempat ia melakukan Spiritual Work Camp (SWC). Tiba-tiba ia melihat suatu pemandangan yang tak lazim. Dalam hati ia bertanya: mengapa tumbuhan yang satu terlihat lebih subur dibandingkan tumbuhan sebelahnya? Padahal keduanya terletak di dekat kandang kambing…

Pertanyaan seperti itu bisa menjadi awal sebuah penelitian. Apa sih yang dimaksud dengan penelitian itu? Penelitian terjemahan dari bahasa Inggris yaitu research. Penelitian juga diartikan sebagai upaya menemukan pengetahuan.

Namun, jangan dilihat sebagai hal yang berat dulu. Penelitian bisa juga dibikin asik loh. Tergantung bagaimana cara kita memandang kegiatan meneliti itu. Kalau kita memandangnya sebagai kegiatan yang berat, maka rasanya seperti memikul 100 ton beras di pundak. Namun jika kita menganggapnya sebagai sesuatu yang ringan dan mengasikkan, kegiatan meneliti bisa menjadi seringan kapas di tangan.

Upaya menemukan pengetahuan itu bisa diperoleh melalui penelitian atau kata lain percobaan. Ketika kita menemukan suatu permasalahan, tentunya kita ingin menemukan solusi bukan? Nah, dalam rangka memecahkan suatu permasalahan, langkah pertama yang perlu kita lakukan adalah mengumpulkan data-data terlebih dahulu. Data bisa diperoleh dari hasil observasi (pengamatan) .

Setelah data pendukung terkumpul, buatlah hipotesis. Hipotesis merupakan dugaan atau kesimpulan sementara. Langkah selanjutnya adalah melakukan eksperimen atau percobaan untuk membuktikan apakah hipotesis kita benar atau tidak.

Mengapa siswa SMA perlu melakukan penelitian? Apa manfaatnya bagi mereka? Melakukan penelitian bisa membiasakan mereka berpikir kritis, menemukan solusi atas suatu permasalahan secara tepat dan objektif, membiasakan berpikir sistematis, membentuk karakter jujur dan meningkatkan rasa ingin tahu. Selain itu, karena hasil akhir dari research adalah membuat laporan karya tulis ilmiah, maka manfaat lain yang bisa diperoleh adalah mendorong siswa untuk menulis. Jadi, saya tidak melihat adanya dampak negatif dari kegiatan meneliti ini, apa lagi yang ditunggu? Ayo, segera meneliti!

Rika WS.

@Pelatihan Menulis-Salman ITB, 13-14 Agustus 2011.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s