Jurnal Mengajar

Ini kali ketiga saya mendapat tugas untuk memberikan tutorial Pendidikan Lingkungan Hidup (PLH). Semester ini ada 4 kelas. Saya berpikir, tahun ini harus memulai dengan sesuatu yang berbeda. Sasaran utama PLH adalah mengubah cara pandang, sikap dan perilaku kita terhadap alam/lingkungan. Tidak mudah memang, tetapi saya harus menyampaikan apa yang seharusnya disampaikan Maka dengan berbekal infocus pinjaman dari sekolah (terimakasih Smuth!), berangkatlah saya ke tempat tujuan.

Skenarionya adalah pada jam pertama saya akan memberikan tinjauan mata kuliah PLH terlebih dahulu atau pengantar tentang PLH. Sambil diselingi beberapa gambar dan film-film pendek yang saya download dari youtube, maka saya membayangkan segala sesuatunya akan lancar. Audiens akan tertarik dan tersentuh oleh beberapa tayangan. Jam keduanya, tentang konsep dasar PLH, saya akan meminta para mahasiswa yang merangkumnya sendiri secara berkelompok dalam kertas koran yang saya dibagikan. Kelompok yang lebih dulu selesai, akan saya beri nilai plus. Setelah itu, mereka diminta untuk presentasi dan diadakan tanya jawab.

Alhamdulillah, di kelas pertama, kedua, ketiga dan keempat, skenario yang sudah disiapkan semuanya berjalan lancar. Saya senang melihat semangat para guru SD itu meski menjelang sore, hujan turun dengan lebat…

“Ternyata, belajar PLH seneng juga ya…”, begitu komentar salah satu ibu guru sambil mereka berjalan keluar kelas…

Terimakasih Tuhan, atas kelancaran dan kemudahan untuk hari ini…

October 7, 2012.

2 thoughts on “Jurnal Mengajar

  1. asep teguh santosa says:

    assalamualaikum Bu Rika, terimakasih, buku ‘reward” untuk saya sudah saya terima, saya mahasiswa kelas B, UT pokjar katapang. saya ada juga di foto di atas, namun sayang hanya sebagian baju saya saja yang ada. heheheh.
    tapi gak apa, terimakasih sekali lagi atas sharing ilmunya, khususnya PLH, mungkin satu waktu nanti akan saya aplikasikan di masyarakat.

    salam,
    asep t

    • Rika Sukmana says:

      Wa’alaikumsalamww…Alhamdulillah kalau sudah sampai di tangan pak Asep :)…Sama-sama pak, mudah-mudahan bermanfaat.

      Salam,

Leave a Reply

