UTS Online…

Saat ini, tengah dilaksanakan Ulangan Tengah Semester (UTS) semester 2. Ini tahun kedua ulangan dilakukan secara online di sekolah tempat saya mengajar. Sambil mengawas, iseng-iseng saya menulis catatan kecil berikut ini.

Ada perbedaan yang cukup mencolok antara ulangan secara manual (paper and pen) dengan ulangan secara online. Semua ini hanya berdasarkan pengalaman saya mengawas UTS/UAS selama kurang lebih 13 tahun, loh ya…:)

1. Dengan ulangan secara online, tingkat kegaduhan siswa berkurang. Saat dulu masih menggunakan paper and pen test, siswa akan terdengar sedikit ‘gaduh’ terutama di akhir-akhir waktu test. Apalagi pelajaran yang bersifat hitungan seperti matematika, fisika dan kimia. Yang jelas, dengan ulangan online, siswa tidak dapat menyontek satu sama lain karena soal dirandom (diacak).

2. Kalau dulu, siswa yang sudah selesai mengerjakan soal sebelum waktu yang ditentukan biasanya ‘gelisah’ ingin segera keluar ruangan atau ada yang tertidur. Sekarang, mereka bisa baca-baca e-book atau bermain game yang menuntut konsentrasi (seperti catur) sambil menunggu bel keluar atau sampai pengawas membolehkan mereka keluar ruangan. Walaupun yang tertidur juga masih ada sih…:)

3. Hasilnya bisa langsung diketahui saat itu juga. Kalau dulu, siswa harus menunggu beberapa hari atau bahkan minggu untuk mengetahui nilainya. Selain nilai, analisis butir soal juga bisa langsung dikerjakan oleh komputer.

IMG-20130321-01633Gambar: suasana UTS online

Oh ya, satu hal lagi. Kalau ngawas UTS online kok gak bikin ngantuk pengawas ya. Apa karena pengawas juga bisa online-an…(facebook-an kalii…heheh…ups ketahuan deh…).

Bandung, March 21, 2013

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s