Awal Tahun Pelajaran Baru…

Tahun pelajaran 2013/2014 ini aku kembali ditugaskan mengajar di kelas XII setelah tahun kemarin hanya mengajar kelas X.

Seperti biasa, di awal pertemuan, aku memberikan kalender akademis kelas Biologi. Aku beritahukan tujuan pembelajaran di Biologi kelas XII, materi semester 1 dan 2, aktivitas apa saja yang akan dilakukan juga jadwal Ulangan Harian, UTS dan UAS serta jadwal ‘dadakan’ku yang kira-kira bisa membuatku tak hadir di kelas.

Karena terkadang, aku harus menunaikan tugas lain ke luar kota maka aku beritahukan kegiatanku tersebut meskipun belum tahu jadwalnya kapan.  Dan hari Senin-Selasa adalah jadwal mengajarku full seharian.

Betapa terharunya aku, ketika salah seorang murid ada yang berkata seraya mendo’akan: “Semoga jadwal ibu ke luar kota, bukan di hari Senin dan Selasa, tapi di hari selain Ibu mengajar kami…”

“The secret in education lies in respecting the student” (Ralph Waldo Emerson)

~Teaching is calling. And that call is inside your heart, listen to it ~

 

Leave a Reply

