Contoh RPP Sistem Saraf

Beberapa minggu lalu, saya berkesempatan mengikuti pelatihan kurikulum tiga belas untuk guru-guru sains se-kota Bandung. Berikut saya berikan satu contoh RPP untuk 1x pertemuan di kelas XI. Tugas pembuatan RPP ini merupakan tugas akhir yang harus dikumpulkan di hari terakhir. Mudah-mudahan bermanfaat…🙂

Matapelajaran : Biologi
Kelas/Semester : XI/2
Materi Pokok : Sistem Saraf
Alokasi Waktu : 2×45’

A. Kompetensi Inti (KI)
1. Menghayati dan mengamalkan ajaran agama yang dianutnya.
2. Menghayati dan mengamalkan perilaku jujur, disiplin, tanggungjawab, peduli (gotong royong, kerjasama, toleran, damai), santun, responsive dan proaktif dan menunjukkan sikap sebagai bagian dari solusi atas berbagai permasalahan dalam berinteraksi secara efektif dengan lingkungan sosial dan alam serta dalam menempatkan diri sebagai cerminan bangsa dalam pergaulan dunia.

B. Kompetensi Dasar dan Indikator
1.1 Mengagumi keteraturan dan kompleksitas ciptaan Tuhan tentang struktur dan fungsi sel, jaringan, organ penyusun sistem dan bioproses yang terjadi pada mahluk hidup.

2.1 Berperilaku ilmiah: teliti, tekun, jujur sesuai data dan fakta, disiplin, tanggung jawab,dan peduli dalam observasi dan eksperimen, berani dan santun dalam mengajukan pertanyaan dan berargumentasi, peduli lingkungan, gotong royong, bekerjasama, cinta damai, berpendapat secara ilmiah dan kritis, responsif dan proaktif dalam dalam setiap tindakan dan dalam melakukan pengamatan dan percobaan di dalam kelas/laboratorium maupun di luar kelas/laboratorium.

3. 3.10 Menganalisis hubungan antara struktur jaringan penyusun organ pada sistem koordinasi dan mengaitkannya dengan proses koordinasi sehingga dapat menjelaskan peran saraf dan hormon dalam mekanisme koordinasi dan regulasi serta gangguan fungsi yang mungkin terjadi pada sistem koordinasi manusia melalui studi literatur, pengamatan, percobaan, dan simulasi.
Indikator:
1. Menunjukkan bagian-bagian neuron dengan menggunakan gambar neuron
2. Menjelaskan proses neurotransmisi dengan menggunakan simulasi
3. Menjelaskan mekanisme penghantaran impuls dengan menggunakan gambar
4. Menjelaskan struktur sistem saraf pusat melalui pengamatan gambar
5. Menentukan gerak reflex yang biasa dilakukan dalam kehidupan sehari-hari
6. Mengumpulkan informasi atau data-data yang berkaitan dengan susunan sistem saraf tepi dari media
7. Menganalisis gangguan sistem saraf pada manusia
8. Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi saraf

 

4. 4.11 Menyajikan hasil analisis tentang kelainan pada struktur dan fungsi saraf dan hormon pada sistem koordinasi yang disebabkan oleh senyawa psikotropika yang menyebabkan gangguan sistem koordinasi manusia dan melakukan kampanye anti narkoba pada berbagai media.

Indikator: __________________ (untuk pertemuan berikutnya).

 

C. Tujuan Pembelajaran

1. Menunjukkan bagian-bagian neuron dengan menggunakan gambar neuron
2. Menjelaskan proses neurotransmisi dengan menggunakan simulasi
3. Menjelaskan mekanisme penghantaran impuls dengan menggunakan gambar

Model Pembelajaran :

Discovery Learning

Metode Pembelajaran : 

  • Diskusi
  • Simulasi (Games)

Media, Alat, dan Sumber Pembelajaran

  1. Media : Buku, Video, Komputer, LCD
  2. Alat/Bahan : Selotip, Puzzle Sel Saraf , Artikel
  3. Sumber Belajar :

–  Biologi Untuk Kelas XI. Irnaningtyas. Penerbit Erlangga. 2013

– Link videos: http://www.youtube.com/watch?v=aboVLnsCH44

http://www.youtube.com/watch?v=90cj4NX87Yk

http://www.youtube.com/watch?v=-SHBnExxub8

– Powerpoint tentang Sel Saraf dan Mekanisme Impuls Saraf

  1. Pertemuan Kesatu: a.Pendahuluan/Kegiatan Awal (5 menit)
  • Memberikan salam dan berdoa.
  • Menyapa dengan menanyakan kesehatan siswa.
  • Penyampaian tujuan pembelajaran hari itu.

inti1

inti2

 

inti3

c. Penutup (5 menit)

  1. Melakukan umpan balik/refleksi mengenai materi yang telah dikembangkan.
  2. Meminta siswa membaca Sistem Saraf Pusat dan membuat peta konsepnya.
  3. Menginformasikan kepada siswa kegiatan pada pertemuan berikutnya.

d. Penilaian (1)

  1. Jenis/teknik penilaian : Observasi dan Tes Tulis

2. Bentuk instrumen dan instrumen : Instrumen Penilaian Sikap dan Soal Uraian

 

Contoh LKS nya: lks

Referensi: Dari berbagai sumber.

September 2014.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s