Model2 RPP MI

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN MI

SMA Kelas X

 

Materi : Polusi Udara

 

Pengantar

 

Aktifitas manusia dan industrialisasi dengan cepat merubah kualitas udara, baik di dalam maupun di luar, dan baik secara local maupun global. Tujuan aktifitas ini adalah agar siswa mengenali aktifitas mana yang menyumbang terhadap rendahnya kualitas udara dan mana yang menyumbang bagusnya kualitas udara. Ide di balik studi ini adalah siswa yang berpendidikan cenderung untuk memilih aktifitas yang menyumbang secara positif bagi udara yang kita hirup dibanding yang negative, dan cenderung membicarakannya dengan orang lain untuk mencari solusi.

 

Dalam kaitannya dengan kualitas udara local dan global, sebaiknya diketahui bahwa karena pola cuaca global, kebanyakan polusi udara adalah terglobalisasi, artinya tidak diam secara local dimana polusi itu dihasilkan. Misalnya, polusi udara yang berasal dari Amerika Serikat dekat wilayah Danau Besar berjalan dengan aliran jet ke Inggris, menyebrang Samudera Atlantik ke Eropa, menyebrang benua ke Timur Tengah dan Timur Eropa, dan seterusnya. Jadi, polusi udara hampir selalu merupakan masalah global.

 

Polusi udara indoor, menjadi masalah lingkungan yang lebih besar khususnya di daerah pemukiman padat dimana sirkulasi udara segar (di luar) terbatas.

 

Kualitas air indoor seringkali diukur kaitannya dengan CO2, CO, debu, jamur dan partikel-partikel halus. Kualitas udara outdoor seringkalai dikaitkan dengan SO2, NOx, CO, ozone, metan, senyawa organic yang mudah menguap (VOC’s) dan partikel-partikel halus.

 

Hubungan dengan Mata Pelajaran Lain

         Sains

         IPS

         Kesehatan

 

Tujuan

Pada akhir pelajaran ini, siswa diharapkan mampu untuk :

         mengidentifikasi bagaimana kualitas udara diukur

         mengidentifikasi berbagai aktifitas manusia yang secara negative mempengaruhi kualitas udara

         mengidentifikasi dan mendiskusikan aktifitas manusia yang secara positif mempengaruhi kualitas udara

 

Waktu yang diperlukan

         2-3 kali pertemuan

 

Kecerdasan Majemuk

         Kecerdasan Visual-Spasial

         Kecerdasan Interpersonal

         Kecerdasan Naturalis

Bahan-bahan

         digital camera

         computer dengan akses internet

         peta dari area local

         Sumber-sumber penelitian (buku, artikel, akses online…)

 

Prosedur

  1. Dalam perjalanan pulang anda dari sekolah ke rumah, ambillah 10 photo dari aktifitas manusia yang mempengaruhi kualitas udara. Setengah foto merupakan aktifitas manusia yang secara negative mempengaruhi kualitas udara (misalnya, mobil, pabrik yang mempolusi udara, industri pertanian, dll), dan setengah aktifitas lain yang memberi dampak positif bagi kualitas udara (misalnya, sepeda, pohon, dll.)

 

  1. Dalam kelompok (beranggotakan 2-3 orang), carilah sumber dari polutan berikut :

         CO2

         CO

         Metan

         Ozon

         SO2

         NOx

         Senyawa organic yang mudah menguap

         Partikel-partikel halus

 

  1. Untuk masing-masing polutan udara di atas, identifikasi aktifitas manusia yang muncul di lingkungan/komunitas local yang menyumbang bagi tersedianya zat tersebut di udara

 

  1. Setelah foto diambil, upload di computer (server2006\\BiologiX) untuk diskusi pada pertemuan berikutnya.

 

  1. Pada pertemuan berikutnya, bagilah siswa ke dalam kelompok seperti sebelumnya dengan satu foto untuk masing-masing kelompok.

 

  1. Mintalah kelompok tersebut untuk mempersiapkan presentasi kelas dengan informasi berikut ini tentang foto mereka :
    1. Sebutkan aktifitas manusia yang terlihat di foto dan polutan udara apa yang menyumbang terjadinya polusi
    2. Identifikasi dimana foto tersebut diambil.
    3. Apakah siswa ikut serta dalam aktifitas yang digambarkan di foto baik secara langsung atau tidak langsung? Misalnya, jika fotonya tentang peternakan sapi, apakah masing-masing siswa minum susu dari peternakan tersebut? Jika fotonya tentang pabrik local, apakah siswa bekerja/tinggal di daerah itu atau apakah siswa tahu seseorang yang bekerja di pabrik tersebut atau membeli produk yang dihasilkan oleh pabrik tersebut, dll?
    4. Identifikasi apa yang dapat dilakukan untuk meminimalisir emisi dari polutan udara tertentu ke atmosfir. Perubahan praktis dalam gaya hidup atau kebiasaan pribadi apa yang dapat dilakukan siswa untuk meminimalisir dampak dari aktifitas dalam foto (misalnya, apa alternatif berkelanjutan terhadap aktifitas tersebut ?) Apa kendala dalam menerapkan alternatif tersebut dan bagaimana mengatasinya ?

 

Penilaian

 

         Rubrik penilaian presentasi (Tabel 1).

         Siapkan pameran foto di sekolah tentang aktifitas manusia yang menyumbang terjadinya polusi udara dan cara-cara untuk meminimalisir dampak lingkungan

 

 

Tabel 1. Rubrik Penilaian Presentasi Polusi Udara

 

RUBRIK PRESENTASI

Kriteria

Kurang

1

Cukup

2

Baik

3

Sangat Baik

4

Total Skor

Pengaturan

Pendengar tidak mengerti presentasi karena tidak ada urutan informasi

Pendengar kesulitan mengikuti presentasi karena penyampai info loncat dari satu info ke info lainnya

Siswa mempresentasikan informasi dalam urutan logis sehingga pendengar dapat mengikuti

Siswa menampilkan informasi dalam urutan logis, menarik sehingga pendengar dapat mengikuti

 

Pengetahuan materi

Siswa tidak memahami informasi; siswa tidak dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan tentang materi

Siswa tidak merasa nyaman dengan informasi dan hanya mampu menjawab pertanyaan2 dasar

Siswa senang dengan jawaban terhadap semua pertanyaan, tapi gagal menguraikan panjang lebar

Siswa menunjukkan pengetahuan yang penuh (lebih dari yang diinginkan) dengan menjawab semua pertanyaan kelas dengan penjelasan dan panjang lebar

 

Ilustrasi

Siswa menggunakan ilustrasi yang tak berguna atau tidak ada grafik

Siswa kadang-kadang menggunakan ilustrasi yang jarang mendukung tulisan dan presentasi

Ilustrasi siswa berhubungan dengan teks dan presentasi

Ilustrasi siswa menjelaskan dan memperkuat layar teks dan presentasi

 

Penulisan

Presentasi membuat 4 atau lebih kesalahan ejaan atau tatabahasa

Presentasi membuat tiga kesalahan ejaan dan/atau tatabahasa

Memiliki kesalahan lebih dari dua ejaan dan/atau tatabahasa

Presentasi tidak ada kesalahan eja atau tatabahasa

 

Kontak Mata

Siswa membaca semua laporan tanpa kontak mata

Siswa kadang-kadang menggunakan kontak mata, tapi tetap membaca sebagian besar laporan

Siswa mempertahankan lebih banyak kontak mata tapi seringkali kembali ke catatan

Siswa mempertahankan kontak mata dengan pendengar, jarang kembali ke catatan.

 

Suara

Siswa menggumam, mengucapkan istilah kurang tepat, dan berbicara terlalu pelan

Suara siswa pelan. Mengucapkan istilah kurang tepat. Peserta kesulitan mendengarkan presentasi

Suara siswa jelas. Siswa mengucapkan kebanyakan kata-kata dengan tepat. Kebanyakan peserta dapat mendengar presentasi

Siswa menggunakan suara yang jelas dan tepat, istilah diucapkan benar sehingga semua peserta dapat mendengarkan presentasi

 

 

 

 

 

Poin Total

 

 

 

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Mata Pelajaran          : Biologi

Kelas/Semester        : X/1

Alokasi Waktu           : 2 x 45’

 

Standar Kompetensi

1. Memahami hakikat biologi sebagai ilmu

Kompetensi Dasar

1.2. Mendeskripsikan objek dan permasalahan biologi pada berbagai tingkat organisasi kehidupan (molekul, sel, jaringan, organ, individu, populasi, ekosistem dan bioma)

Indikator

Siswa menemukan contoh pemecahan masalah biologi dengan metode ilmiah

Materi Pembelajaran

Metode Ilmiah

Model Pembelajaran

Siklus Belajar

Langkah-langkah Pembelajaran

1. Eksplorasi

– Guru menyalakan sebatang lilin. Kemudian guru bertanya pada siswa : Kira-kira factor apa saja yang dapat menyebabkan api dari lilin mati?

– Siswa yang menjawab diberi kertas untuk menuliskan jawaban dan ditempelkan di lembar kerja (lihat handout 1.2) yang terpampang di OHP atau papan tulis.

– Kemudian guru bertanya lagi, berkaitan dengan variable dependen, independent dan variable kontrol sampai terjawab semua pertanyaan pada handout 1.2.

 

2. Pengenalan Konsep

– Setelah aktifitas eksplorasi, guru menerangkan tentang keterampilan kerja ilmiah, menyusun perencanaan penyelidikan ilmiah dimana salah satu tahapnya adalah menetapkan variabel, yaitu variable dependen, variable independent dan variable control.

 

3. Aplikasi Konsep

– Siswa menerapkan konsep dalam situasi baru. Dalam kelompok, siswa diminta untuk mencari contoh cara memecahkan masalah keilmuan dengan menggunakan sistematika metode ilmiah dan sikap ilmiah (LKS 1.2).

 

Alat/Bahan/Sumber Belajar

           Handout 1.2

           Lilin

           Korek api

           Gelas berbagai ukuran

           LKS 1.2

 

Penilaian

Rubrik Tugas 1.2.

Referensi

http://www.sciencelearningcentres.org.uk

www.google.com/scientificmethods

 

 

 

 

 

Asesmen : Rubrik Tugas 1.2. (Total point = 30)

 

 

Tepat

5

Cukup

3

Kurang Tepat

1

Total Skor

Pertanyaan 1

 

 

 

 

 

Pertanyaan 2

 

 

 

 

 

Pertanyaan 3

 

 

 

 

 

Pertanyaan 4

 

 

 

 

 

Pertanyaan 5

 

 

 

 

 

Pertanyaan 6

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Handout 1.2

 

 

Perencanaan

Kita menyelidiki …

 

 

Kita dapat mengubah …

 

Kita dapat mengukur/mengamati …

 

 

 

 

 

 

Kita akan mengubah …

(independent)

Kita akan mengukur/mengamati…

(dependen)

 

 

Pertanyaannya adalah …

 

Hal-hal di bawah ini kita biarkan tetap sama …

 

 

 

 

 

 

Prediksi

 

Jika kita                                                                                                         

mengubah                                yang akan terjadi pada                            adalah…

 

 

 

 

 

Hal ini karena …

 

 

LKS 1.2.

Tujuan : Siswa dapat menyusun langkah-langkah eksperimen menggunakan metode ilmiah.

 

Prosedur :

Dalam kelompok, rancanglah suatu percobaan dengan alat dan bahan berikut ini : empat macam jenis insektisida, serangga (laba-laba, kecoak, semut, belalang, dll), stopwatch, gelas aqua bekas, cawan petri dan gelas ukur.

Kalian diminta untuk mengamati apakah ada pengaruh insektisida terhadap kecepatan matinya serangga, lalu buat tabel untuk hasil pengamatannya serta usahakan untuk menjelaskan apa yang akan ditemukan dari hasil percobaan.

 

 

Permasalahan

Apakah ada pengaruh insektisida terhadap kecepatan matinya serangga?

1.

Judul Percobaan

 

2.

Tujuan Percobaan

 

3.

Hipotesis

 

4.

Variabel 

              Dependen

              Independen

              Kontrol

 

 

 

5.

Alat/Bahan

 

6.

Prosedur

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s