Refleksi

Refleksi Tahun Pelajaran 2008-2009

Bashirah Wa Nashirah:

Saya senang diajar Ibu Rika, soalnya banyak praktek dan menyenangkan. Kalau Ibu Rika mengajar, saya lebih mudah mengerti karena bahasanya ringan. Tugas-tugas yang diberikan juga tidak banyak dan tidak terlalu sulit.

Materi paling berkesan: Sistem reproduksi, soalnya baru pertama kali belajar itu.

Materi paling sulit: Sel dan sistem saraf.

 Fathimah Al Mashumah:

Pembelajaran biologi di kelas Bu Rika sangat menyenangkan.

Bu Rika membuat materi-materi menjadi semudah mungkin dengan membuat berbagai game, role playing, presentasi dan belajar/diskusi kelompok, tugas2 mandiri yang terstruktur maupun tidak, dll.

Materi paling berkesan adalah proyek akhir, tugas kelompok mengenai tekanan darah dan kafein serta praktikum bedah ikan.

Menurut saya materi yang paling sulit adalah tentang gerak dan bagi saya semua materi Biologi adalah sulit; sulit untuk dimengerti dan sulit untuk dihafal. Tapi di kelas Bu Rika saya jadi berpikir: Biologi itu asyik dan menarik untuk dipelajari.

Kekurangan dari pembelajarannya mungkin hanya satu: sering telat masuk atau beberapa kali tidak masuk tanpa kabar/tugas.

 

Arief Laksono:

Metode belajar dengan bu Rika sangat menyenangkan. Banyak modul dan sering presentasi. Cara menjelaskan yang santai membuat belajar jadi menyenangkan. Praktikum juga sering dilakukan. Materinya sebenarnya tidak sulit, tapi karena saya yang agak susah dalam mengingat dan cepat lupalah yang bikin jadi susah. Yang paling berkesan mungkin bab Sistem Reproduksi soalnya di kelas jadi sering ketawa karena Wira, jadi seru.

Lain sebagainya: Ibu Rika sebagai Wali kelas sangat baik.. Sepertinya, dari saya SD sampe sekarang Bu Rika yang paling baik dan perhatian. Belum ada sejarahnya wali kelas nganter saya jauh-jauh dari rumahnya cuma untuk berobat padahal anak-anaknya masih ada kegiatan. Ibu walikelas yang sangat perhatian. Terima kasih banyak bu.

Ridha Pradani W:

Bu Rika terlalu sabar menghadapi murid-murid, kurang tegas.

Tapi bu Rika keibuan, saya favorit banget sama Ibu. Waktu mengajarkan bab Sistem Reproduksi, bu Rika bijak.

Tugas-tugasnya asyik tidak melulu harus tertulis, sering disuruh buat powerpoint, seru bu…Jadi sering presentasi ke depan. Asik.

Bu Rika mengapresiasi tugas-tugas kami dengan baik, jadi semangat untuk membuat yang terbaik.

Bu maaf kalau selama diajar oleh Ibu saya pernah berbuat hal yang kurang berkenan.

 

Fajar Ibrahim

Saya jujur sangat senang belajar biologi kemarin. Sangat senang dan nyaman. Menurut saya ada beberapa materi yang sulit, tapi itu dikarenakan saya sendiri yang tidak belajar dengan sungguh-sungguh. Saya sudah berjanji! Tahun depan akan lebih giat dan tekun! Terimakasih buat Ibu Rika yang sudah mau mengajarkan saya dan memberi semua ilmunya.

 

Fathridi Thoriq

Cukup bagus, akan tetapi muri yang tidak menyelesaikan tugasnya tepat waktu, harap diberi sanksi yang tegas. Materi yang paling berkesan adalah Sistem Endokrin, materi yang paling sulit adalah hormon.

 

Hanisa Pratiwi:

Metode pengajaran: gampang dimengerti, namun terkadang ada kalimat/istilah biologi yang susah dicerna

Waktu: terkadang terlalu lama, tapi saya senang kalo lama, itu artinya pelajaran yang dipelajari menarik.

Materi pelajaran: karena saya lemah dalam hafalan, saya agak sedikit kesulitan dalam mengikuti materi pelajaran yang diberikan.

Cara mengajar guru: beda dari guru-guru yang lain. Lebih interaktif terhadap murid.

Cara belajar saya: karena saya termasuk audio-visual, saya banyak mencatat (mungkin faktor ini yang membuat saya jadi sekretaris OSIS) lho apa hubungannya?

Saya mendengarkan musik yang tidak membuat saya mengantuk ketika saya belajar

Tugas-tugas: menarik untuk dikerjakan, seperti tugas saraf dalam kehidupan sehari-hari, saya harus mewawancarai teman-teman saya mengenai cinta.

Materi paling berkesan: tugas sistem saraf dalam kehidupan sehari-hari. Saya wawancara masalah cinta, tapi pada akhirnya beberapa teman jadi curhat!

Materi paling sulit: menghafal kalimat2 latin/istilah2 yang menurut saya sulit untk dihafal dalam pelajaran biologi

Kesan dan pesan: I love Ibu Rika

 

 

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s